Hakikat Geografi

Istilah Geografi berasal dari bahasa Yunani geo yang artinya bumi dan graphien yang artinya pencitraan. Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi. Beberapa definisi Geografi yang dikemukakan para ahli geografi, antara lain:

Definisi 1 : Bintarto (1977)

  • Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam, dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsurunsur bumi dalam ruang dan waktu. Di sini dijelaskan bahwa geografi tidak hanya mempelajari alam (bumi) beserta gejala-gejalanya, tetapi geografi juga mempelajari manusia beserta semua kebudayaan yang dihasilkannya.

Definisi 2 :

  • Suatu definisi yang lain adalah hasil semlok (seminar dan lokakarya) di Semarang tahun 1988. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

Kalau kita perhatikan beberapa definisi/pengertian dan sejarah perkembangan dari geografi tersebut, ternyata pengertian geografi selalu mengalami perkembangan. Namun kalau kita kaji lebih jauh, di antara pandangan para ahli
tersebut tampak ada kesamaan titik pandang.

Kesamaan titik pandang tersebut adalah mengkaji:

  1. bumi sebagai tempat tinggal;
  2. hubungan manusia dengan lingkungannya (interaksi);
  3. dimensi ruang dan dimensi historis; dan
  4. pendekatannya, spasial (keruangan), ekologi (kelingkungan) dan regional (kewilayahan).

2 tanggapan untuk “Hakikat Geografi

  1. Geografis sifat sifat bumi yang menganalisir alam bumi dan juga manisia

    Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbadaan geosfer dengan sudut pandang dan kelingkungan konteks keruangan

Tinggalkan komentar