Objek Geografi

geo

Pada dasarnya objek kajian geografi dibagi menjadi 2, yaitu material dan formal. Objek material geografi merupakan bahan kajian dalam mempelajari geografi. Objek material ini meliputi aspek fisik seperti tanah, air, udara, hewan, tumbuhan, dan sebagainya serta aspek sosial yang meliputi manusia dan segala bentuk persebarannya. Adapun secara lebih rinci pembagiannya seperti di bawah ini.

  1. Atmosfer, yaitu lapisan udara: cuaca dan iklim yang dikaji dalam klimatologi dan meteorologi, dll.
  2. Litosfer, yaitu lapisan batu-batuan yang dikaji dalam geologi, geomorfologi, petrografi, dll
  3. Hidrosfer, yaitu lapisan air meliputi perairan di darat maupun di laut yang dikaji dalam hidrologi dan oceanografi, dll.
  4. Biosfer, yaitu lapisan kehidupan: flora dan fauna yang dikaji dalam Biogeografi, Biologi, dll.
  5. Antroposfer, yaitu lapisan manusia yang merupakan ‘tema sentral’ di antara lapisan-lapisan lainnya. Tema sentral artinya diutamakan dalam kajiannya.

f

Jadi dalam mengkaji objek studi geografi tersebut diperlukan pengetahuan dari disiplin ilmu lain seperti klimatologi, geologi, hidrologi, dan sebagainya. Singkatnya, geografi berkaitan erat dengan ilmu-ilmu lainnya.

Selanjutnya adalah objek formal. Objek formal merupakan cara pandang dalam menginterpretasikan geografi. Objek formal inilah yang menjadi pembeda antara geografi dengan ilmu lainnya. Sebagai contoh, objek formalnya sejarah berpedoman pada waktu, ekonomi pada modal atau kapital, dan geografi dikaji secara spatial atau keruangan.

Pembagian Ilmu Geografi

bagan-geografi1
Bagan ilmu penunjang geografi

Ilmu pengetahuan merupakan sebuah hal yang sangat luas, hingga saking luasnya mungkin kita akan sulit sekali untuk mengukurnya, atau bahkan tidak akan bisa terukur. Sebab, satu bidang ilmu pengetahuan akan mempelajari banyak sekali hal sampai- sampai bidang ilmu tersebut dipecah menjadi beberapa bagian lagi. Salah satu ilmu yang dipecah menjadi beberapa cabang adalah ilmu geografi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasannya ilmu geografi dibagi menjadi tiga bagian dasar, yakni geografi fisik, geografi teknik dan juga geografi manusia. Masing- masing dari cabang ilmu tersebut akan dipecah-pecah lagi hingga terperinci. Lalu, apa sajakah cabang atau jenis ilmu geografi tersebut? Yuk kita bahas bersama- sama.

Geografi Fisik

Pertama yang akan kita bahas adalah geografi fisik. Geografi fisik merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang bentang lahan atau landscape, yakni bagian ruang dari permukaan Bumi yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi bentuk lahan. Geograi dititik beratkan pada lapisan hidup atau life layer dari lingkungan fisik, yakni zona tipis dari daratan dan juga dari lautan yang mana di dalamnya terdapat sebagian besar kehidupan. Cabang ilmu geografi fisik ini diperinci lagi menjadi beberapa aspek atau cabang ilmu yang lebih spesifik, yakni sebagai berikut:

  • Meteorologi dan klimatologi, yakni merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala cuaca yang ada di atmosfer dan juga iklim (baca: iklim di Indonesia).
  • Hidrologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang gerakan dan juga distribusi air yang ada di Bumi .
  • Hidrografi, merupakan cabang ilmu geografi yang berhubungan dengan penelitian dan pemetaan air yang ada di permukaan bumi.
  • Oceanografi, merupakan cabang ilmu pengetahuan dan juga studi mengenai kelautan beserta semua aspek yang terdapat di dalamnya, seperti batuan yang membentuk dasar laut, interaksi antara laut dengan atmosfer, pergerakan air laut serta tenaga yang menyebabkan adanya gerakan tersebut baik dari dalam maupun dari luar.
  • Geologi, merupakan cabang ilmu yang menjelaskan tentang bagaimana Bumi terbentuk dan bagaimana perubahan Bumi dari waktu ke waktu.
  • Geomorfologi, merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bentuk permukaan lahan dan juga sejarahnya
  • Ilmu tanah, merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai hal ihwal yang dari suatu tanah, jenis tanah dan juga sifat- sifat yang dimiliki oleh tanah tersebut.
  • Geografi tanah, merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanah, yang meliputi sifat tanah, genesis, penyebaran, dan juga penerapannya dalam kehidupan manusia. sekilas geofrafi tanah mirp dengan ilmu tanah, namun keduanya berbeda dimana geografi tanah ini lebih detail daripada ilmu tanah yang khusus mempelajari mengenai tanah itu sendiri.
  • Biologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup, baik manusia, binatang maupun tumbuh- tumbuhan.
  • Biogeografi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang penyebaran organisme dalam ruang dan waktu beserta dengan faktor- faktor yang mempengaruhinya, membatasi dan menentukan pola penyebaran jarak.

Itulah beberapa cabang ilmu yang menjadi rincian dari ilmu geografi fisik. Kesemua cabang tersebut bermanfaat bagi kehidupan sehari- hari.

Geografi Teknik

Selanjutnya adalah geografi teknik. Geografi teknik merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari cara- cara memvisualisasikan dan juga menganalisis data data dan informasi geografis dalam bentuk peta, foto udara, diagram, serta citra hasil pengibdraan jauh. Beberapa cabang ilmu geografi teknik, yakni sebagai berikut:

  • Kartografi, merupakan cabang ilmu dari geografi teknik yang menjelaskan teknik atau cara membuat peta yang menjayikan hasil- hasil ukuran dan juga pengumpulan data dari berbagai unsur permukaan bumi yang telah dilaukan oleh surveyor, geograf, kartograf dan lain sebagainya.
  • Penginderaan jauh, merupakan ilmu dan juga seni memperoleh informasi mengenai objek, daerah maupun gejala dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa adanya kontak langsung terhadap objek, daerah maupun gejala yang dikaji.
  • Sistem Informasi Geografis (SIG), merupakan sistem informasi berbasik komputer yang dapat menyimpan, mengelola, memproses, dan menganalisis data geografis dan juga non geografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.

Nah, itulah beberapa macam cabang ilmu yang merupakan cabang dari ilmu geografi teknik. Cabang ilmu geografi teknik ini akan selalu dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi yang dipakai oleh manusia demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Geografi Manusia

Cabang ilmu geografi yang ketiga adalah geografi manusia. geografi manusia merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang manusia, dalam ruang, meliputi jumlah penduduk, aktivitas ekonomi, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, politik, dan juga sosial budaya. Seperti halnya geografi fisik dan juga geografi teknik, geografi manusia juga dipecah menjadi beberapa cabang ilmu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Geografi ekonomi, merupakan ilmu yang membahas tentang bagiaman manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasilkan barang dagangan, pola lokasi dan persebaran industri, beserta seluk beluk tentang komunikasi.
  • Ekonomi, merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang usaha- usaha manusia dalam rangka mencapai kemakmuran, gejala- gejalanya dan juga hubungan timbal balik dari usaha tersebut.
  • Geografi politik, merupakan ilmu yang mempelajari mengenai unit- unit politik, wilayahnya, perbatasan, beserta dengan ibukotanya dengan unsur- unsus kekuatan nasional dan juga politik internasioal.
  • Politik, merupakan cabang ilmu yang membahas tentang kegiatan usaha pada suatu negara yang berhubungan dengan proses untuk mennetukan tujuan – tujuan yang telah dipilih oleh suatu negara dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai oleh negara itu sendiri.
  • Demografi, merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang persoalan dan juga keadaan perubahan- perubahan penduduk.
  • Geografi penduduk, merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang variasi- variasi kualitas ruang dalam demografi dan juga non demografi dari penduduk da konsekuensi- konsekuensi sosial dan juga ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi- kondisi yang terdapat di dalamnya yang diberikan dari suatu unit maupun suatu daerah.

Itulah beberapa pembagian ilmu geografi. Semua bidang kajian geografi mempunyai manfaat yang sangat besar bagi manusia. Tanpa sadar kita sangat memerlukan bidang ilmu geografi tersebut untuk memperoleh segala informasi yang kita butuhkan, seperti ramalan cuaca hari ini atau persebaran dari wilayah-wilayah yang mempunyai sumber daya alam penting.

Manfaat Mempelajari Ilmu Geografi

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari mempelajari ilmu geografi adalah sebagai berikut:

Pemetaan potensi pertanian suatu daerah

Manfaat mempelajari ilmu geografi yang pertama adalah mengetahui pemetaan potensi pertanian di suatu daerah. Tidak semua wilayah yang ada di daerah bisa digunakan sebagai lahan pertanian. Ilmu geografi membantu kita untuk mengetahui mana saja daerah pertanian sehingga mengetahui pula daerah penghasil suatu komoditi.

Pengarah pembangunan daerah

Geografi menjadi tolok ukur atau pengarah pembangunan suatu daerah karena mengusai kondisi yang ada di suatu daerah, otomatis akan mengetahui daerah yang layak bangun.

Sebagai informasi potensi alam daerah

Geografi juga akan membarikan informasi mengenai potensi alam yang dimiliki suatu daerah.

Pemetaan daerah rawan bencana

Daerah yang rawan bencana juga diketahui ketika kita mempelajari geografi, sehingga dapat membagun persiapan lebih dan peringatan lebih kepada masyarakat daerah tersebut.

Sebagai informasi penggunaan lahan

Geografi juga memberikan informasi mengenai penggunaan suatu lahan yang ada di suatu wilayah, sehingga kita dapat mengetahu bagian lahan yang digunakan untuk pertanian, perkebunan, industri, pemukiman dan lain sebagainya.

Potensi ekonomi suatu wilayah

Geografi juga dapat memberikan informasi ekonomi mengenai suatu daerah. Hebat kan? Jadi geografi tidak hanya mempelajari bumi secara fisik saja, namun juga hasil yang didapatkan dari Bumi tersebut. Dengan demikian geografi juga menyajikan pertumbuhan PDRB dari satu kecamatan sebagai hasil pemetaan pertanian yang ada di suatu daerah.

Sebagai gambaran kepadatan penduduk

Salah satu cabang dari ilmu geografi adalah geografi manusia dimana salah satu bidang kajiannya adalah geografi penduduk. Dengan demikian ilmu geografi juga mengukur dan memberikan informasi mengenai kepadatan penduduk yang ada di suatu wilayah tertentu.

Informasi keadaan dan jenis tanah

Salah satu kajian ilmu geografi adalah ilmu tanah, dengan demikian geografi juga mempelajari mengenai keadaan dan juga jenis tanah di wilayah tertentu, sehingga masyarakat akan bisa mengolahnya dengan sesuai.

Informasi perubahan iklim

Informasi mengenai cuaca dan juga iklim juga dapat kita terima ketika kita mempelajari ilmu geografi, khususnya pada bidang meteorologi.

Informasi kondisi lingkungan

Ilmu geografi juga mempelajari mengenai kondisi lingkungan sehingga orang- orang yang mempelajarinya akan mengetahui mengenai kondisi dari lingkungan yang berada di suatu wilayah.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari mempelajari ilmu geografi. Sebenarnya selain manfaat yang telah disebutkan, kita juga akan mendapatkan manfaat lainnya baik yang kita sadari maupun tidak.

*berbagai sumber